Ah, pengen nulis lg ni,sambil tidur2an ga jelas dirumah (enaknya tgs bljr
)
Stlh skian kali nulis dan kayaknya aku merasa tulisanku ga memiliki nilai manfaat yg tinggi (bdsr fair value dan bukan historical value), aku ingin nulis yg mg2 brmanfaat dan bs jd bhn diskusi. Ada bnyk ide si, tp mgkn ini yg plg nendang (paan si).
Tenang aja tlsnku ga berbau SARA apalagi pornografi, dan (kyknya) ga bakal ada diskusi, mengenai kenapa metode depresiasi yg diakui pajak hanya straight line ama DDB, atau kenapa historical cost dan bukan fair market value digunakan untuk mencatat aktiva tetap.
Hehe…
Cm mw berbagi cerita, pas itu seorang teman bertanya kpada diriku (yg kata krisna mgkn agak bodoh dgn ngambil d4, hehe) tentang mendingan mana kuliah d4, s1 eksistensi, ama mgkn pilihan ktiga (ak ambil sndiri) yaitu UT.
Aku yakin kita (insya Alloh) setuju kalo d3 bukan akhir perjalanan qt, ayo terus qt kejar mimpi (yg memimpikan) itu.
D3 -> S1 -> S2 -> S3
Aku yakin temen2 jg punya keinginan sama dgn aku, kalo bs cari mimpi itu dgn smua fasilitas gratis. Spt yg prnh aku tls disbuah comment, jenjang grtsn s1 (kcuali d4) dah ga ada grtsn lg (dulu prnh ada dan skrg DJPbN msh ada (emg mau pndah DJPbN).jd bs grtisan klo dah mulai S2,dan gosip (lg2 gosip, g tw bner apa enggak) 2009 apa 2010 gt beasiswa s2 d BPK akan bnyk lg (mohon info dr yg berwenang).
Nah karena transkrip (sudah-akan-hampir-mungkin-insya alloh-semoga-secepatnya) diterima dan pendftarn d4 ga nyampe 6 bln lg (stauku), ga ada slhnya kalo ini dbhs.
D4 Sekolah Tinggi Akuntansi Negara
1. Gretong (free of charge (harusnya)) ini gratis scr harafiah temen2 ga perlu mbayar biaya kuliah, kalo mbyar dlm bntuk yg lebih hina kita bhs berikutnya.
2. Nyante. Temen2 dah ngalamin sndiri gmn rasanya kul d3. Kul d4, jauuuh lbh nyante. Kalo mo versi lbh lengkap samperin blogku ya www.asil4dworld.wordpress.com (skalian promosi)
3. Suasana kelas (inget cm sesama mahasiswa doang lho, aku blm mbhs dosen ama sarana dan prasarana) mndukung, mksdku krn hmpir smuanya (d klsku kmrn 2 orang bkn d3 STAN) anak d3 STAN (yg katanya xxxxxx2) dan semuanya PNS (dan mgkn ada yg CPNS) jd info qt akan dunia kerja te2p update (tp lbh ke depkeu si).
Sbg contoh, temen2 ada yg tau e-reg? e-filing? kppn prima? kntor plynn utama (kpu) nya bc? Aku tau lho (ga penting si).
4. Katanya (skali lg katanya) lu2san d4 lmyn diakui klo dkantor.
5. Liburan dua tahun di Jurangmangu sambil mungkin termangu-mangu. Sangat cocok bwt yg mau bisnis sampingan.
6. Dosen (ada yg) berkualitas. Kalo ini ga ush dbhs.
7. Bangunan tambah amburadul. (komentar sri mulyani (you know who) jg gt lho)
8. Kuliah lama, 2 taon br lu2s, kalo ga lu2s mlh lbh cepet (ga enaknya kdinasan)
9. Ga perlu UPKP (ujian apa gitu, pokoknya kl dsingkat jd upkp), yg intinya dr 2c jd 3a dgn pndidikan perlu ini.
10. Ga tw pnting apa ga, tp yg pasti penghasilan diputung, krn tunjangan dipotong dan ga dapet tunjangan apa gt, (bisa jg si díibaratkan biaya kuliah), jadi bs saja kuliah di STAN mahal bgt, opportunity cost (opo maneh) nya gede, bs lbh mahal drpd s1 ekstensi ui skalipun, itung aja, sktr 1,2an kali 24 bln (eh kyknya tetep mahalan ui kok).
11. Lebih sesuai ama kerjaan qt, kmaren2 mbhs SAP, SPKN, serta bermacem2 undang2 gt lah.
12. But, whatever te2p STAN jg yg (baik lgsg maupun ga lgsg) mbikin qt kyk gini, jd klo mau reuni skalian dg pak edo (sarmili), warsun(ceger), bu bor (xmongso), ponjay ak g tw, reunian ama cashier di harmony, siapa tw dikirain sbg pegawe di gramed BP lg, d4 STAN akan menjembatani keinginan itu.
S1 eksistensi (klian tw yg shrusnya)
1. Mbayar, bervariasi tergantung universitas, apa skolah tinggi, or whatever namanya. Trgntung brand masing2 tmpat.
2. Akreditasi yang mungkin blm tentu diakui kantor. Dan ga semua perwakilan memiliki universitas dgn program s1 dgn (lg) akreditasi yg diakui kantor.
3. Lu2s bs saja lebih cepat dr d4 (yg hrus 2 taon, kcuali DO atau alsn laen yg mlh bikin lama, mis cuti hamil)
4. Kuliah hrs malem seabis jam kantor (tmnku dr jam 6 ampe 9an gt lah), klo ga slh sabtu minggu dah g blh ya (kec. ugm (univ. gue mercu)), jd yg pasti, cuape de…
5. Penghasilan te2p, tapi yg pasti pengeluaran bertambah.
6. Perlu UPKP, konfirm lg ke sdm dlm hal ini pusdiklat. Kalo depkeu dah pasti.
6. Pilihan jurusan yg lebih terbuka, kalo d4 kan cm akunt doang.
Open University
1. Cheaper, yup lbh murah (kykna plg murah diantara opsi laen), aku g tw pastinya, tp kyknya satu semester ga nyampe 2 jt(skali lg kyknya)
2. Lebih fleksibel. (kyknya) bs dmana aja asal msh di indonesia.
3. Ga perlu dateng kuliah. Cm perlu ujian doang. Cocok bwt yg ga bisa kuliah krn alasan pribadi (mis ngntx)
4. Sulit dapet ip bagus, yg ini serius.kt tmnku, tmnnya yg diSTAN ip sktr 3,4 (sgitu2 lah) tnyata diUT cm PMDK.jd kcuali dah mantep,bg2 tmn2 yg ingin beasiswa S2,ut bkn pilihan tepat,(stauku) syarat beasiswa s2 mncakup ip.
Kyknya itu dl, kl da masukan temen2 itu yg aku tunggu.
Ayo qt kejar cita2 kita, siapa tau tar qt satu almamater lg di Harvard, Sorbonne, Cambridge, Monash, Todai. Yah siapa tau.
Kalo kata andrea hirata kan “bermimpilah dan Tuhan akan memeluk mimpi2 mu”
31 Januari 2008 at 11:00
Bahan diskusi yang bagus Sil..
Kalo dihitung2, D-4 masih lebih baik (kalaupun bukan yang terbaik) dari dua pilihan yang lain…
1.Tapi kadang ada situasi yang tidak memungkinkan kita untuk selalu menggunakan yang terbaik..
2.”Alam Takambang Jadi Guru”. Bangku sekolah tidak menyediakan semuanya.. Pengalaman dan dunia kerja juga tak kering dengan pengetahuan. Definisi “belajar” harus diperluas.
31 Januari 2008 at 13:48
@dodi
Aku setuju bgt ama pndapatmu.
Bljr bs dmana aja.
Tapi qt hrs inget, ampe saat ini kan ijazah msh sangat bner2 ngaruh.
Jadi ya mau ga mau slaen cari ilmu ijazah kudu dcari jg.
Kalo ak pribadi ditanya skarang (stlh dah pasti dputung tunjangan dan smacamnya ^_^) mnrtku d4 msh mendingan kok.
1 Februari 2008 at 10:31
sil, emang nak d4 sik dipotong opo wae??
1 Februari 2008 at 21:33
D4 stauku dpotong tunjangan 50%.
Kyknya qt dptnya 2.710.000, jadi ak dpet 1.355.000, ama tunjangan umum kalo g slh 180.000. Kalo ada potongan laen g tw jg.
4 Februari 2008 at 09:46
Universitas terbuka lama juga sil. Kalo males bisa 2-3 tahun. Tapi bisa lebih menkmati hidup, hidup ga perlu ngoyo. Bener banget kata Bang Dodi, definisi belajar harus diperluas jangan hanya pendidikan formil. Betul pendidikan formal yang bisa diakui di kantor tapi kita juga perlu ketrampilan yang lain. UT bisa memberi kita kelonggaran untuk menimba ilmu ditempat lain atau bisnis sampingan yang lain. Meskipun IP jelek toh kita bisa 3a juga, meskipun ga bisa S2 LN kita bisa S2 di UT lagi, murah lagi. Kabagnya Nanang aja masih S1 tapi udah Eselon 3. Ka Bironya Nanang juga kayaknya ga S2 LN deh, tapi dah Eselon 2 bahkan dia lebih mendapat kepercayaan daripada yang lain. Aku sudah pernah mendapat wejangan dari Ka Bironya Nanang yang juga Ka Biroku bahwa banyak orang-orang yang bertitel mentereng dari lulusan yang tidak kalah bonafid tapi kinerjanya mblegedez. Kerja itu yang penting totalitas, kecintaan akan pekerjaan, dan kepercayaan ketika diberi tanggung jawab. Masalah karir ga usah di cari, Islam gak menyarankan orang untuk punya ambisi dalam mengejar karir/jabatan (kayaknya), tapi harus siap ketika ditunjuk untuk memikul tanggung jawab.
4 Februari 2008 at 10:42
wah dipikir2 ternyata biayanya mahal juga yo??
1.355.000 x 6 = 8.130.000
jadi segitu ya biaya kuliah 1 semester di D4??
kira2 lah..
4 Februari 2008 at 11:35
@krisna
Stuju bgt kris…
Pendidikan ga ada hubungannya ama kinerja, maksudku pendidikan tinggi emg blm tentu kinerjanya bagus.
Ya makanya aku bilang UT ga cocok klo mw nyari beasiswa lanjutan. Tapi kalo “sekedar” 3a dapet lah.
Kalo aku mikirnya gini kris, qt ga usah ngejar jabatan or karir ampe sgitu2nya. Cuman ketika kesempatan itu datang knapa qt ga ngambil kesempatan itu.
Kalo aku mikirnya (lagi), qt ngejar kyk apa kalo bukan rezeki qt ya ga bakal dapet, tapi bukan berarti juga qt cm diem trus rezeki dateng kan?
Jadi trus terang aku agak kurang setuju (gpp tho?) ama pendapatmu.
Mnrtku kita punya ambisi kayak apapun ga masalah, tergantung cara qt menempatkan dan gimana meraihnya. Kalo trus nabrak sana nabrak sini, ya itu g bener.
Trus terang aku suka mbaca kisah2 orang yg bisa sukses,tmsuk dlm hal ini sukses bisa kul di LN pake beasiswa dan smacamnya.
Ktika mbaca kisah mereka aku merasa salut dan di sisi hati laen (alah) aku yakin aku jg bisa…
Hehe, ga tau si, cm mnrtku (lagi dan lagi) keyakinan adalah jalan menuju kberhasilan. Dari keyakinan kita berusaha, dari usaha kita berharap.
Tapi kalo sblmnya qt udah ga yakin bin ragu2 ya mnrtku itu awal kegagalan.
Jadi mnrtku yg penting qt mantep dulu, mslh bisa atau enggak itu urusan belakangan.
Waduh sori nek dadi nggladrah.
@cahyo
Iyo sakmono2 lah, malah luwih kyke.
4 Februari 2008 at 15:01
Betul sekali sil, keragu-raguan awal dari kegagalan. Ini wejangan dari orangtua kandungku sendiri sil, pake bahasa banyumasan ya… “Nek wedi aja wani-wani, nek wani aja wedi-wedi”. Maksude sil, kita harus melangkah dengan hati yang teguh, Kalo kita sudah memutuskan untuk berani jangan berpikir gagal (paling banter kita berpikir metode apa yang kita gunakan untuk menghadapi tantangan). Sebaliknya sil, kalo kita awalnya udah keder, ya udah ga usah dijalani, pasti langkah kita bakal penuh keraguan, kawatir, dan was-was yang akhirnya mempengaruhi keberhasilan kita.
Kalo belajar, setuju banget sil kalo harus dikejar. Dan sekali lagi sil, belajar ga hanya di sekolahan. Tapi mengejar karir, jabatan, dan sebagainya gak deh sil. Maaf ya sil, mungkin kamu belum mengenal betul dunia kerja. Semakin tinggi jabatan yang kamu pikul semakin berat tanggung jawabnya. Dan hati-hati sil, kalo cuma sekedar melaksanakan tugas dengan baik dan benar sesuai peraturan perundangan itu gampang dan ga bikin bimbang. Tapi para pejabat itu dituntut sesuatu yang lain, yang bikin hati deg-deg plas. Penuh manuver politik, dan ingat lagi sil kalo dosa pemimpin itu beberapa kali lipat dari dosa bawahannya.
Aku nulis seperti ini berdasarkan kenyataan bahwa banyak penggedhe BPK yang curhat kalo dia males diserahin tanggung jawab yang besar, semua karena itu “Kalo sekedar bekerja dengan baik dan benar sesuai aturan itu gampang”.
4 Februari 2008 at 16:34
“Kalo sekedar bekerja dengan baik dan benar sesuai aturan itu gampang”
Yah..ini sisi intelek Krisna yang muncul…
Pinter banget omongannya…
Biro Keuangan punya masa depan cerah nih..
Yang susah apa ya Kris?
6 Februari 2008 at 11:01
@Krisna: bekerja baik dan benar itu sesuai dengan standar siapa? soalnya kenyataannya kita harus fleksibel juga ma aturan, maunya bos, kondisi lingkungan, keselamatan diri sendiri (boleh dibilang munafik, tapi hanya orang bodoh yang bilang dia ga mau selamat
@Asil: setuju nih ma Cahyo, kul di D4 opportunity cost nya kegedean 8.130.000, padahal itu belom diituh uang lelah PS yang ga didapat & yang lainnya.
8 Februari 2008 at 10:17
@asil:
iya nih..kemaren ak nanya ke temen, katanya di UNILA sekitar 3-4 juta sebulan..ada PPAKnya juga, cuman masalahnya AKREDITASI B, tapi Universitas Negeri. Buat sahabat2 sekalian ada yang tau gak daftar universitas yang diakui sama BPK? UNILA masuk gak ya??
kalo ada yang tau, kabarin yah..sengsuverymuch..
8 Februari 2008 at 10:19
@sahabat semuanya:
Buat sahabat2 sekalian ada yang tau gak daftar universitas yang diakui sama BPK? UNILA masuk gak ya??
Profil:
Universitas Negeri
Akreditasi Akun B
kalo ada yang tau, kabarin yah..sengsuverymuch..
8 Februari 2008 at 17:30
UNILA, yang jelas tidak lebih baek dari UNSYIAH.. Apalagi STAN..
11 Februari 2008 at 09:16
@dodi:
maksudnya gimana dod??
11 Februari 2008 at 12:11
@Akuntan tp bkn auditor : Bekerja dengan baik dan benar sesuai aturan, kayaknya cukup jelas. Aturan itu kaku gak fleksibel, cuma kita aja yang mencari-cari celah. Kalo masalah fleksibilitas aku punya contoh percakapan yang aku alami sendiri. Begini kisahnya.
Sewaktu aku dari Jl Jend. Soedirman aku turun di dukuh bawah menuju pejompongan. Lampu merah menyala, kutengok kiri-kanan gak ada mobil dan polisi. Akupun melaju menerobos jalanan dan segera seorang pak polisi dengan gerombolannya meniup peluit dan menunjuk mukaku. Aku berhenti sambil menyapa dengan senyuman semanis mungkin.
Polisi:Selamat pagi pak, bapak tahu kesalahan bapak apa?
Aku:Tahu pak.
Polisi:(Udah tau msh dijelasin jg) Bapak telah menerobos lampu merah. Bapak tidak protes kenapa cuma bapak aja yang saya cegat?
Aku:Tidak Pak.
Polisi: (Tetep ngejelasin juga) Karena Bapak biang keroknya bikin yang lain ngikutin. Trus mau bapak gimana?
Aku: Ya terserah bapak yang menilang.
Polisi: ?@#*&^% (tampang minta disogok kali ya
Aku: OK, Pak saya kan sudah mengakui kesalahan, kalo gitu saya minta surat tilang biru saja.
Polisi: Mmm.. Bapak turun dulu sebentar biar saya jelaskan. Helmnya lepas dulu Pak, biar enak. Meskipun bayar di Bank, Bapak tetep harus ngambil SIM dan STNK di Kejaksaan Jakarta Pusat.
Aku: Lho.. saya kan akan bayar dan saya sudah mengakui kesalahan. Menurut pendapat saya aturan itu untuk memudahkan bagi yang sudah mengakui kesalahan.
Polisi: Bukan begitu Pak, itu kan cuma pendapat Bapak. (sambil ngeluarin surat tilang).
Aku: Saya tidak bisa pak, gimana kalo saya bayar dan langsung menyerahkan bukti pembayaran ke Bapak.
Polisi: Tidak bisa Pak, aturan itu dibuat dengan jelas dan tidak bisa ditolerir.
Aku: Betul Pak, aturan itu dibuat kaku, saya juga orang pemerintah sama seperti Bapak. Dan Bapak tadi tidak menjalankan peraturan dengan sebagaimana mestinya dan telah bertindak lunak.
Polisi: Maksud Bapak?
Aku: Kenapa tadi cuma saya yang disetop, padahal semua orang juga melakukan pelanggaran yang sama. OK kalo alasannya cuma saya yang berhasil ditangkap, tapi dimuka tadi Bapak bilang kenapa cuma saya yang ditangkap karena saya biang keroknya. Sekarang saya mau tanya apa diperaturan ditulis bahwa yang ditangkap cukup “BIANG KEROK”, coba tunjukan pada saya dan saya akan menuruti setiap kata Bapak.
Polisi: #$%^$#@%^&&%!
Polisi: Ngomong-ngomong Bapak kerja dimana, katanya tadi orang pemerintah juga?
Aku: Maaf pak, saya tadi salah omong, saya bukan orang pemerintah tapi Pelaksana BPK.
Polisi: Oh yang nangkepin koruptor itu ya Pak.
AKu: Kira2 begitulah.
Polisi: Bisa lihat ID cardnya Pak.
Aku : Silakan.
Polisi: Oh ya, lain kali jangan melanggar lampu merah lagi Pak. Kali ini kita kasih peringatan aja.
Aku: Terima kasih Pak.
Gimana pak auditor? Apakah terjadi pelanggaran aturan? Apakah fleksibilitas seperti ini yang dimaksud? Apa lebih parah, seperti titpan rekanan dari pejabat?
11 Februari 2008 at 15:02
@ Krisna: weitss sorry bos, aye mah bukan Auditor, cuman Accountant doank, tetangga ente
Yah ga segitunya juga, masalahnya aturan yang ada sekarang masih banyak celahnya, kita kan bisa liat sendiri secara langsung di lingkungan kita, bagaimana aturan bisa diakalin. Makanya buat hal2 yg ga jelas diaturnya (baik karena aturannya ambigu, emang ga ada aturan, emang ga jelas, atau sengaja dibuat ga jelas) kan pusing juga nyari standarnya…
11 Februari 2008 at 15:43
Ikutan dong.
Kalo menurut gw d4 lebìh baik. Emang dgn ikut d4 THP kt berkurang sekitar 1,3 jt. Tp dgn ikut d4 jg ada penghematan perbulan sebesar 350rb (biaya kos) dan 600rb(biaya makan). Jd kalo dìitung2 impas kan.
tp yg gw sesalkan kenapa ujiannya pake bhs inggris sih, ga bangga amat sih ama bhs indonesia. Pake bhs indonesia aja belum tentu lulus apalagi pake bhs planet ky gt.
I dot now friend
11 Februari 2008 at 21:14
@krisna:
sorry lagi bls…
beberapa hari ni ga tau knapa gprs-an di hpku ga beres, ga tau knapa. tadi dah tak bawa ke galeri indosat mereka juga ga tau knapa, katanya si jaringannya yang lagi trouble…
ngga si kris,…
aku mikirnya gini,..
Insya Alloh sampai saat ini ga ada dalam pikiranku bahwa dalam beberapa tahun kedepan aku harus jadi kaaud, apa kalan, apa tortama apa malah jadi ketua…
aku yakin ga ada kris…
aku cuma pengen kerja as usual kok kris…
cuman terus terang aku punya motivasi laen…
belajar lagi dan lagi (termasuk dalam hal ini (mungkin) nyari beasiswa lagi)^_^
bener dan setuju belajar bisa dimana aja, tapi masalah keinginan kan boleh-boleh aja hehe…
makasih pendapatnya lho…
yoi kris, bisa dibilang aku masih sangat buta tentang dunia kerja, jadi trims banget yo…
@cahyo, accountant not auditor, haydar
yoi, d4 bisa dibilang mahal…
sampai saat ini setauku yang pasti dipotong sekitar 1.355.000 ditambah tunjangan apa gitu sebesar 180.000
ditambah lagi kehilangan kesempatan buat PS dan semacamnya..
jadi dengan pilihan seperti itu ya emang ga gampang si…
@haydar
iya, emang pake bahasa inggris.
padahal sekarang kelas bahasa inggris dah ga ada lgi
dah ada si contoh soal-soalnya.. mau?
12 Februari 2008 at 11:57
@ Haidar:
Yeh itu kan lo yg punya rumah di jkt, ya kalo gw & yg lainnya yang anak rantau, kan tetep aja keluar biaya buat kost & makan.
12 Februari 2008 at 12:22
@Tetangga:aku bukan akuntan tapi auditor trampil, Auditor trampil tapi jarang ngaudit, Pengen ngaudit tp ga bisa akuntansi, lulus akuntansi tapi karena belas kasih dosen.
@Bohay:Itungannya Haidar bener, tapi penempatan ulang ga? Bahkan itungannya Haidar ada yang kurang, kayaknya D4 dapet tunjangan tugas belajar atau apa gitu jumlahnya 850rb. Jadi malah untung.
Keuntungan Diferensial =1.800.000,-
*Tunjangan Belajar (850.000,-)
*Kos (350.000,-)
*Konsumsi (600.000,-)
Kerugian differensial =1.300.000,-
———–Keuntungan Diferensial = 500.000,-
Malah untung Dar….
Kalo ditambah kamu ngasih privat anak SMA, kamu bakalan lebih kaya daripada pegawai BPK yang kerja di kantor.
@Asil: Bener kan ya sil, kalo dalam menghitung proyek di Mankeu yang kita liat cuma biaya diferensial? Apa namanya lain aku dah lupa.
12 Februari 2008 at 17:07
@krisna
Eh kris beneran ada tunjangan tgs bljr y?
Di kmk berapa gt ada aturannya si…
Sampai saat ini br anak BPPK di d4 yg dpt tunjangan TB, anak depkeu laen kyknya dlm proses.
Bukan 850rb, stauku 800rb.
Walah keuntungan diferensial?
Aku tahu maksudmu, tp ga inget namanya itu pa bukan.
@krisna lg
Ga lah, bkn krn belas kasihan dosen, percayalah itu jg usaha qt.
12 Februari 2008 at 23:13
Itung2an kalian semua ga ada seberapanya dibandingkan keuntungan immateril yg gw dpt kalo kul d4, kumpul bersama keluarga tuh jauh lbh berharga. Gw br ngerasain skrng. Tp skali lg bs ga ya???. Yah tp gw ikutin kt dimas aja deh, berusaha dan terus berharap, karena harapanlah yg bikin kt punya kekuatan untuk menjalani hidup. Peace love and gaul.
@asil: iya mau dong cth soalnya. Nanti kalo gw blk ke jakarta, gw ambil ya. Skalian maen2 ke kampus. Udah 2 tahun ga kesana.
14 Februari 2008 at 13:52
Wah haidar ni bikin teori sesat yang menyesatkan, ha3..
iya, situ yang punya rumah di jakarta bisa makan&minum gratis..nah kalo yang laen kan itu tetep aja bukan keuntungan namanya..
Egois nih..he3..
eh, tapi denger2 kalo d4 katanya susah yah kalo mo S2??? apanya gitu yang bikin susah.. bahkan dulu dosen STAN sendiri juga bilang gitu y?
14 Februari 2008 at 18:23
Au ah gelap, bener kt bang dodi, belajar bisa di mana saja!
Sekolah kehidupan tidak akan pernah selesai sampai ke liang lahat!
Kalo bicara masalah cost sebenernya ilmu itu nggak bisa dinilai dengan duit, tapi ya kita kudu realistis.
Di dunia ini gak ada yang gratis selain dari orangtua dan Alloh SWT.
Memang masalah yang digelontorkan Asil ini cukup sulit walau masih banyak masalah dunia yang lebih kompleks seperti yang sering digelontorkan sahabat Dimas, mungkin hanya orang yang terindikasi autis “asil” yang bisa memecahkannya.
Tapi yakinlah Allah akan selalu memberikan jalan.
Sekali lagi jangan pernah menanggapi postingku dengan serius, OK!
14 Februari 2008 at 18:24
@cahyo: wah sorry ya, gw lupa. Lagian namanya jg teori orang aneh ya jngn diikutin atau dijadiin pertimbangan. Udah kngn aja nih ama macet. Lgpl sbenernya ada tujuan sampingan sih, gw mau nuntasin atau merasakan lg *terbang melayang ke langit* yo,he3. Jd cuekin aja teorinya.
14 Februari 2008 at 19:04
@haydar
Ok…
Bawa oleh2 y.
Kampus blm berubah lho, kmaren ujan dikit aja jg dah banjir…
@cahyo
Gosipnya si gitu
Gosipnya jg ga gitu
Nah lho? Intinya tu ga jelas, cm kt d4 diatasku kyknya msh bs jg kok.
Yah dicoba dl to.
@krisna
Stauku BPK ga da pnempatan ulang abs lu2s d4. Stauku lg yg ada pnempatan ulang abs d4 cm DJP, DJPbN pun ga da pnemptn ulang.
15 Februari 2008 at 10:55
@haidar:
he3..
ah kau ini dar, gitu aja ngambek..
emang disitu gak da yang bisa bikin melayang2 yah?memprihatinkan juga yah kondisi di situ?ha3..
kalo disini mah putih2, montok2..
nilainya yah 6,5 / 7,5 / 8,5 lah..
(tapi itu bukan nilai rata2 lho ya..penjumlahan..
maksude leher kebawah 6 / 7 / 8 , leher keatas 0,5.. ha3.. kebayang gak tuh kayak apa?)
itu sih teori yang dihasilkan dari pembahasan anak2 pada kurang kerjaan disini..dan kayake ak slh 1nya..ha3..
15 Februari 2008 at 14:38
bagi yang mo nyoba UT (Universitas Terbuka, bukan Universitas Ternate, apalagi Universitas Tetangga, bukan)
batas akhir pendaftaran 25 Februari,
bagi yang mo tanya2 perguruan tinggi mana yang boleh, tanya ke SDM di masing2 perwakilan, ins.a dijawab ajukan ijin belajar ke Karo SDM, kemudian diproses dan selanjutnya tunggu aja kabar berikutnya,
tapi coba aja sambil daftar, ajukan ijin. klo ga boleh, ya itung2 bagi2 duit, sumbangin duit, kan dah pada kaya semuanya, beramal dikit2 kn gapapa,:)
kl boleh, ya alhamdulillah tinggal lanjut ja kuliahnya, syukur2 bs cepat lulus,
semangat!!!
19 Februari 2008 at 19:45
Wah kiwi ngenyek Ternate ki. Justru di sini ga ada UT (Universitas Ternate). Tapi kalo UT yang asli kayaknya ada (masih kayaknya). Ternyata yang mau ngikut D4 banyak ya!!!! Yah…kansku buwat “meninggalkan” Ternate untuk sementara semakin menipis nih!!!!!
Ternate….oh….Ternate
21 Februari 2008 at 21:41
@Asil: Kowe ra olih tunjangan belajar po sil? Dan gak diurus? Wah, sahabat asil sudah terlalu kaya rupanya. Cobalah cari tau di STAR SDP n SDM.
22 Februari 2008 at 10:30
emang pada mau D4 yah??
wah pengen ketemu sama kalian2 nih..
tapi gak tau deh, ikut pa gak yah..
23 Februari 2008 at 15:05
@juki
ga ngejek, cm pas nulis teringat ja dl juki pernah ngomong pengen kuliah di UT, entah itu universitas ternate atw universitas terbuka
di ternate alamatny di
eks DPRD Ternate
Kel. Jambula
Ternate Selatan
0921-21960
ut-ternate@upbjj.ut.ac.id
24 Februari 2008 at 15:34
@qiew
OK. Trims Ki
25 Februari 2008 at 15:45
@krisna
yoi bener kris, dalam ngehitung suatu proyek yang dibahas adalah relevant cost dimana terdapat juga differential cost… walah walah
lagi kris, emg ada tunjangan tugas belajar ya? boleh nanya dunk ngurusnya ke siapa, maksudku sdm dimana or keuangan yang siapa. pas itu aku nanya ama anak BLN, tugas belajar dapat tunjangan melekat ama beasiswanya, jadi kalo d4 ya tunjangan TBnya dari penyelenggara d4 juga.
tapi kalo da info laen boleh dunksss…
28 Februari 2008 at 10:57
“Semua Orang itu Guru, Alam Raya Sekolahku”
3 Maret 2008 at 10:00
terus sidone nak melu D4, entuke opo wae????????
3 Maret 2008 at 14:57
Oleh ilmu.
Insya alloh.
4 Maret 2008 at 09:20
dasar telo..
maksude THP terdiri dari apa saja??
eh iya, ndi????gak tekan2..